Mashud ( kong Ce'od ) Kemanggisan


 Belajar Maen Pukulan

Bemula dari belajar maen pukulan ( Silat ) dengan Ki Ontong Kemudian belajar di Petojo, Ki Sasar nama guru nya.  Kali ini Ce’od muda belajar bersama saudara sepupuh nya Yaitu : Satiri ( Kong Iyi ) . Karna kegigihan mereka, dengan sangat cepat menguasi jurus jurus dan koncian ( Sambut ) yang di ajarkan oleh guru nya. Sampai akhirnya membuka perguruansilat di Sekitar kampung Kemanggisan.

Karna Ce’od muda orang nya tukang jalan; ( Pengembara ) jadi tidak aktif mengajar silat di kampung Kemanggisan tersebut.

Pandawa Lima

Dari mengembara dari kampung ke kampung , Ce’od muda alias Mat Sedeng yang di beri julukan dari teman sekelompok nya. Dulu Mat Sedeng punya kelompok atau sekarang Mungkin sejenis Komuditas ,  yang mereka namakan :   Pandawa Lima . Yang beranggota 5 Orang Yaitu : [ Ce’od alias Mat Sedeng, Kemanggisan. Mat Item Rawa Belong, Boncel Cengkareng, Ibun Jelamba . Tong Jiset Duri Kepa  ]    Begitu banyak nya bertemu dengan tokoh silat. Ia banyak mendapat masukan dari hasil tukar Pendapat dan berinteraksi dengan tokoh-tokoh Kampung ( Daerah ) . Tidak jarang proses ini didahului dengan saling menjajal ilmu ( Sambut ) satu sama lain,menyebutnya Komuditas Silat :
:Silat Kong Ce’od Kemanggisan (SiKocek )
Silat Kong Ce'od Kemanggisan ( Si Kocek )Berkat pengalaman yang didapatkan nya, didukung bakat dan kecerdasan beliau, Mashud bin Kidit atau lebih akrab di panggil Kong Ce’od ini, memadukan beberapa gerakan ilmu silat dari berbagai aliran pencak silat di antara nya : Ki Sasar, Goning, Sinan Kiontong,Sabeni, Bandul, Beksi, Suliwa, dan Gerak Rasa, menjadi suatu ilmu silat yang unik dan tidak ada namanya. Kami lalu  " .

Berbekal dari pengalaman dan ilmunya, mengantarkan beliau menjadi orang yang di kenal baik dari kalangan Pesilat-Pesilat  di daerah Kampung Kemanggisan, kebon Jeruk, Slipi, Tanah Abang dan sekitar nya.. 
 Ada satu prinsip yang dipegang teguh Komuditas " KOCEK " ini , Kong Ce,od selalu mewanti-wanti ;

     - " Jangan pernah ngejual,  orang ngejual kite beli.  "

     - " Musuh jangan dicari ,Kalo ketemu, jangan lari. "

Dengan prinsip ini  beliau,  mempertahankan reputasi nya yang belum pernah dijatuhkan lawan . 


Karakter Si Kocek

Karakter 12 jurus aliran Ce’od a , mengandalkan permainan tangan yang kecepat dan ketepatan. Dengan Motto : Cepet, Jeli, Berani.Setiap pukulan dan gerak harus berisi tenaga, Selain itu, pukulan juga dengan gerak badan yang cepat, keras.dan luwes.  Di tingkat awal diajarkan latihan keterampilan pematangan jurus pukul, pertahanan kaki, tengok dan ngeles, atau menghindari serangan. Di tahap akhir, dilakukan latihan pengembangan rasa yang berfungsi melatih refleks mengantisipasi serangan lawan. Selain itu, sebagai ilmu gabungan, aliran Ce’od memiliki teknik lengkap, dari pukulan, kuncian, tangkisan, hindaran, dan sikutan, kecuali tendangan. Tendangan tinggi tidak ada, hanya tendangan dengan lutut ke arah kemaluan dan sapuan ke arah kaki lawan.


Maenan Ce’od ada 12 jurus dan terbagi 3 bagian :


 1.  Langkah                           2.  Puter                                3. Jurus

      Lankah satu                      Satu Puter                           Jurus Satu

      Lankah dua                       Dua Puter                            Jurus Dua

      Lankah tiga                      Tiga Puter                            Jurus Tiga

      Langkah empat               Empat Puter                        JurusEmpat



Kata Kata yang sering digunakan dalam Maenan Ce’od :Pasang, Pukul rame, Turun, Deser Pecah, Gunting, Tengok, Jentil


  Sekilas Tentang Kong Ce’od


Memang belum begitu umum kedengaran nya tentang Cingkrig Ce’od., tapi tidak asing bagi jawara jawara betawi, Tangerang dan sekitar nya dengan Ce’od dan jurus silat nya     Pada tahun 1934 Beliu belajar silat (maen pukulan ) dengan Sabeni Jawara Tenabang. Tahun 1950an menjadi centeng di Tenabang ( Tanah Abang ) berbagai coba’an di hadapi nya .


Tahun 1960an masa masa menyakitkan dan menyedihkan bagi seorang bapak dari 2 orang anak laki laki, bernama Sopuan dan Sopandi dan seorang Istri bernama Sopiah (Gasop )   Pada masa itu Beliau menderita sakit cacar biji sawo nama nya hingga mengalami Kebutaan Permanen. Tidak lama berselangbeberapa bulan anak beliau yang bernama Sopandi wafat dan di susul istri beliau wafat  beberap.bulan kemudian

Walau menderita buta permanen, Beliau masih eksis dalam dunia persilatan.dan kesenian Gambus. Dalam perkumpulan Orkes Gambus ini Beliau memainkan Gendang ( Tukang Gendang ) Beliau sangat piyawai memainkan nya, begitu juga Silat yang dia sangat gemari

Pada tahun 1970an di undang ke Kemayoran oleh seseorang untuk sambut dengan 3 orang jawara, derah sana. Awal nya beliau tidak tau, setiba nya dirumah yang mengundang dibilanagan Bendungan Jago dekat komplek PLN, sudah banyak yang menunggu ingin menyaksikan pertandingan silat atau sambut tersebut.

 Di dalam rumah ada 4 orang menyambut kedatangan Bang Ce;od Si Buta dari Kemanggisan. Setelah bincang bincang dan bercengkramah, 3 orang tadi memper kenalkan diri dan terjadi perbincangan sebagai berikut :

Jawara 1:  “ Kata nya Bang Ce’od jago maen pukulan “…?
 Ce’od   : “ Jalan aje di tutun gimana jago maen pokulan, kalo ngurut saye jago…!?
 Jawara 1  :“ Abang di undang kesini mao di ajak sambut..” Seperti memaksa.
  Ce’od   : “ Oh…di suruh ngurut, kalo situ maksa ayo saye ladenin dah…! Seraya Ce’od berkata lagi : Ayo siap siap siape duluan nih…! Sambil bergegas berdiri dari tempat duduk nya dan di papah keluar
 Jawara 1 : Saye Bang..


Terjadilah pertandingan (sambut ) di pelataran rumah tersebut, disaksikan orang banyak;
satu persatu jawara tersebut jatoh ( kalah ) kemudian Kong Ce’od seraya berkata : ” Kalu mao jatoin anak Kemanggisan, yang bute dulu baru yang melek ” . Akhir nya jawara tadi mengakui kehebatan Ce’od            Si Buta dari Kemanggisan.

Pada tahun 1985 beliau di undang IPSI Jakata Barat dalam acara : Pagelan silat Betawi antar Kecamatan se Jakarta Barat, disana bertemu dengan Ketua IPSI se Indonesia Bapak Edi Nalapraya kemudian Beliau diberi undangan untuk menghadiri Pagelaran Seni Pencak Silat Se Asia   Taman Ismail Marzuki ( TIM ) .

Pada  tahun 1993  Mashud bin Kidit ( kong Ce’od ) Wafat, di makamkan di area pemakaman Karet Bivak sesuai amanat beliau.  Tanah Abang, Sampe disini dulu cerite tentang Kong Ce’od ..                       Kali aje  manfa’at buat sobat . kurang lebih nya ane mohon ma’af . Wa salam mu’alaikum wr wb .


Sumber cerita ini ane denger langsung dari Almarhum dari Kong Ce'od [Encang Ane]

     Penulis : Awe
Mashud ( kong Ce'od ) Kemanggisan Mashud ( kong Ce'od ) Kemanggisan Reviewed by Asnawi Awe on 10:20 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Kalo H. Mohammad nur atau yg akrab di panggil baba nunung/enung dari kemanggisan itu sape bang

    ReplyDelete
  2. Klo boleh tau makamnye sebelah mananya bang dikaret bivak..
    Ane sebagai salah satu yg belajar kong ceod belajar dr om saya sendiri dan om saya gurunya kong ceod lgsg.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.