Silat Ce'od Kemanggisan

         Banyak aliran kesenian silat yang ada di Indonesia, dan punya ciri khas di tiap tiap daerah.  Di Betawi banyak juga nama - nama aliran silat. Di Wilayah  Kembangan, Kedoya, Meruya, Srengseng, Kebon Jeruk, Kemanggisan dan sekitar nya terkenal dengan aliran silat Cingkrig, walaupun ada beberapa aliran silat yang masuk sepeti : Beksi, Gerak Rasa, Gerak Saka, Seliwa, Setrum, dll .
       
  Kemanggisan sekitar nya biasa orang mempelajari Cingkrig aliran Goning, di samping belaja maena asli Kemanggisan, Ki Ontong, Kong Ce’od, dan Kong Iyi .


           
Asal Mula Silat Ce’od Kemanggisan
           
       Bemula dari belajar maen pukulan ( Silat ) dengan Ki Ontong Kemudian belajar di Petojo, Ki sasar nama guru nya.  Kali ini Ce’od muda belajar bersama saudara sepupuh nya Satiri ( Iyi ) . Karna kegigihan mereka, dengan sangat cepat menguasi jurus jurus dan koncian ( Sambut ) yang di ajarkan oleh guru nya. Sampai akhirnya membuka perguruan silat di Sekitar kampung Kemanggisan. Karna Ce’od muda orang nya tukang jalan; jadi tidak aktif mengajar silat tersebut.

     Dari mengembara kampung ke kampung Ce’od muda alias Mat Sedeng yang di beri julukan dari teman sekelompok nya. Dulu Mat Sedeng punya kelompok atau sekarang Geng yang di beri nama   Pandawa Lima. Yang beranggota 5 Orang Yaitu :     [ Ce’od alias Mat Sedeng,Kemanggisan. Mat Item Rawa Belong,Boncel Cengkareng, Ibun Jelambar Yang satu tidak di sebutkan. ]    Begitu banyak nya bertemu dengan tokoh silat. Ia banyak mendapat masukan dari hasil tukar pikiran dan berinteraksi dengan tokoh-tokoh daerah. Tidak jarang proses ini didahului dengan saling menjajal ilmu satu sama lain,.

        Berkat pengalaman yang didapatkan nya, didukung bakat dan kecerdasan beliau, Mashud bin Kidit atau lebih akrab di panggil Kong Ce’od ini, memadukan beberapa gerakan ilmu silat dari berbagai aliran pencak silat di antara nya : Ki Sasar, Goning, Sinan Kiontong,Sabeni, Bandul, Beksi, Suliwa, dan Gerak Rasa, menjadi suatu ilmu silat yang unik dan tidak ada namanya. Kami lalu menyebutnya aliran Silat Ce’od sesuai dengan nama beliau.  Berbekal dari pengalaman dan ilmunya, mengantarkan beliau menjadi orang yang disegani baik lawan maupun kawan di daerah Kampung Kemanggisan, kebon Jeruk, Slipi dan sekitar nya..  

        Ada satu prinsip yang dipegang teguh aliran ini. Kong Ce,od selalu mewanti-wanti, Jangan pernah ngejual, tapi orang ngejual kite beli. Maknanya, Musuh jangan dicari. Tapi, bila bertemu, jangan lari. Dengan prinsip itu  beliau,  mempertahankan reputasi nya yang tidak pernah dijatuhkan lawan,  yang menjadi Guru Besar Silat Ce’od .Kemanggisan Beberapa murid beliau meneruskan dan melestarikan aliran Silat Ce’od    

          Karakter 12 jurus aliran Ce’od adalah mengandalkan permainan tangan yang kecepat dan ketepatan. Dengan Moto : Cepet, Jeli, Berani.  Setiap pukulan dan gerak harus berisi tenaga, Selain itu, pukulan juga dengan gerak badan yang cepat, keras.dan luwes.  Di tingkat awal diajarkan latihan keterampilan pematangan jurus pukul, pertahanan kaki, tengok dan ngeles, atau menghindari serangan. Di tahap akhir, dilakukan latihan pengembangan rasa yang berfungsi melatih refleks mengantisipasi serangan lawan. Selain itu, sebagai ilmu gabungan, aliran Ce’od memiliki teknik lengkap, dari pukulan, kuncian, tangkisan, hindaran, dan sikutan, kecuali tendangan. Tendangan tinggi tidak ada, hanya tendangan dengan lutut ke arah kemaluan dan sapuan ke arah kaki lawan.

Maenan Ce’od ada 12 jurus dan terbagi 3 bagian :

 1.  Langkah                           2.  Puter                                3. Jurus
      Lankah satu                      Satu Puter                           Jurus Satu
      Lankah dua                       Dua Puter                            Jurus Dua
      Lankah tiga                      Tiga Puter                            Jurus Tiga
      Langkah empat               Empat Puter                        JurusEmpat


        Kata Kata yang sering digunakan dalam Maenan Ce’od :Pasang, Pukul rame, Turun, Deser Pecah, Gunting, Tengok, Jentil

  Sekilas Tentang Kong Ce’od

        Memang belum begitu umum kedengaran nya tentang Cingkrig Ce’od., tapi tidak asing bagi jawara jawara betawi, Tangerang dan sekitar nya dengan Ce’od dan jurus silat nya     Pada tahun 1934 Beliu belajar silat (maen pukulan ) dengan Sabeni Jawara Tenabang. Tahun 1950an menjadi centeng di Tenabang ( Tanah Abang ) berbagai coba’an di hadapi nya .

     Tahun 1960an masa masa menyakitkan dan menyedihkan bagi seorang bapak dari 2 orang anak laki laki, bernama Sopuan dan Sopandi dan seorang Istri bernama Sopiah (Gasop )   Pada masa itu Beliau menderita sakit cacar biji sawo nama nya hingga mengalami Kebutaan Permanen. Tidak lama berselangbeberapa bulan anak beliau yang bernama Sopandi wafat dan di susul istri beliau wafat  beberap.bulan kemudian

      Walau menderita buta permanen, Beliau masih eksis dalam dunia persilatan.dan kesenian Gambus. Dalam perkumpulan Orkes Gambus ini Beliau memainkan Gendang ( Tukang Gendang ) Beliau sangat piyawai memainkan nya, begitu juga Silat yang dia sangat gemari
 Pada tahun 1970an di undang ke Kemayoran oleh seseorang untuk sambut dengan 3 orang jawara, derah sana. Awal nya beliau tidak tau, setiba nya dirumah yang mengundang dibilanagan Bendungan Jago dekat komplek PLN, sudah banyak yang menunggu ingin menyaksikan pertandingan silat atau sambut tersebut.

     Di dalam rumah ada 4 orang menyambut kedatangan Bang Ce;od Si Buta dari Kemanggisan. Setelah bincang bincang dan bercengkramah, 3 orang tadi memper kenalkan diri dan terjadi perbincangan sebagai berikut :

 Jawara 1:  “ Kata nya Bang Ce’od jago maen pukulan “…?
  Ce’od   : “ Jalan aje di tutun gimana jago maen pokulan, kalo ngurut saye jago…!?
 Jawara 1  :“ Abang di undang kesini mao di ajak sambut..” Seperti memaksa.
  Ce’od   : “ Oh…di suruh ngurut, kalo situ maksa ayo saye ladenin dah…! Seraya Ce’od berkata lagi : Ayo siap siap siape duluan nih…! Sambil bergegas berdiri dari tempat duduk nya dan di papah keluar
 Jawara 1 : Saye Bang..

    Terjadilah pertandingan (sambut ) di pelataran rumah tersebut, disaksikan orang banyak;
satu persatu jawara tersebut jatoh ( kalah ) kemudian Kong Ce’od serayaberkata : ” Kalu mao jatoin anak Kemanggisan, yang bute dulu baru yang melek ” . Akhir nya jawara tadi mengakui kehebatan Ce’od            Si Buta dari Kemanggisan.

        Pada tahun 1985 beliau di undang IPSI Jakata Barat dalam acara : Pagelan silat Betawi antar Kecamatan se Jakarta Barat, disana bertemu dengan Ketua IPSI se Indonesia Bapak Edi Nalapraya kemudian Beliau diberi undangan untuk menghadiri Pagelaran Seni Pencak Silat Se Asia   Taman Ismail Marzuki ( TIM ) .

         Pada  tahun 1993  Mashud bin Kidit ( kong Ce’od ) Wafat, di makamkan di area pemakaman Karet Bivak sesuai amanat beliau.  Tanah Abang, Sampe disini dulu cerite tentang Kong Ce’od ..                       Kali aje  manfa’at buat sobat . kurang lebih nya ane mohon ma’af . Wa salam mu’alaikum wr wb .

      Sumber cerita ini ane denger langsung dari Almarhum dari Kong Ce'od [Encang Ane]
     Penulis : Awe
      Koleksi Photo :











 
                           

                            
                                
                      
                            
                               
                                
                                 
                        
Silat Ce'od Kemanggisan Silat Ce'od Kemanggisan Reviewed by Asnawi Awe on 1:42 PM Rating: 5

11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mantep Bang Awi tulisannye, akhirnye ketemu jg riwayat Kobg Ce'od.
    Cuman kalo boleh kasih masukan nih :

    Aliran cingkrik bukan cuman sinan ama goning, ada aliran kong uming, kong ayat, kong ajid, dll.

    Ma kasih tulisan dan inponye, kalo boleh saye copy ke blog ane http://forumsilat.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burung Dara Burung Merpati, Dengan lapang dada Senang Hati Ane di kasih masukan Jadi tambah pengetahuan. Silahkan aje klo mao di copy di blog ente pan nih riwayat engkong kite juge > bukan begitu Bang Ochid......!

      Delete
  3. Seneng denger bang awe,saye iji anak nya napi belong n pernah belajar silat cing ceod ama encing saye umang jikok... Main bang krmh baba,atw krmh cing umang jikok

    ReplyDelete
  4. Mksh cing,Jd tau sejarah kong ceod ane.
    Alhamdulillah ane belajar jurus kong ce'od jg dr om ane yg udh berumur 60thn lebih.
    Bagi temen" jgn lp kirimin deh alfateha buat beliau(kong ce'od) krn peninggalan beliau yaitu silat msh berguna n bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andrian tinggal di mane ente skrg n makasih fateha nye

      Delete
    2. Ane dipetamburan tanah abang

      Delete
  5. Replies
    1. Makam Kong Ce'od (Mashud bin Kidit) di TPU karet bivak karet tengsin

      Delete

Powered by Blogger.